MAN 2 Yogyakarta Laksanakan Bimtek Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) – Bertempat di Parangtritis Room Hotel Saphir Yogyakarta, seluruh guru MAN 2 Yogyakarta melaksanakan kegiatan Bimtek Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka pada kamis (24/11/2022).

Narasumber Suwito, M.Pd memberikan penjelasan terkait Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka

Acara dibuka oleh Kabid Dikmad H. Abdul Su’ud, S.Ag., M.S.I sekaligus memberikan pengarahan dan pembinaan. Dalam sambutanya Kabid Dikmad Su’ud menyampaikan bahwa guru sebagai tonggak pendidikan harus selalu berinovasi dan memiliki integritas pada disiplin ilmunya. “Selalu meningkatkan kompetensi guru dan yang paling utama, guru harus totalitas. Totalitas dalam mendidik, membimbing, dan memperdalam keilmuannya, untuk meningkatkan keprofesionalismeannya” tambah Su’ud.

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Merdeka oleh Suwito, M.Pd dengan moderator Sri Narwanti, S.Pd.

Suwito menjelaskan bahwa peran kurikulum sebagai pedoman dan acuan dalam pembelajaran memiliki 3 peran yang dapat dimaknai sebagai berikut : mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini, mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan saat ini dan masa depan, menilai dan memilih sesuatu yang relevan sebagai kontrol sosial. Sementara untuk fungsi kurikulum bagi guru adalah untuk memandu dalam proses belajar siswa.Dari paparan materi tersebut bahwa kurikulum yang baik adalah kurikulum yang sesuai dengan zamannya. Setelah kegiatan ishoma, sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait dengan Profil Pemuda Pancasila dan Rahmatan Lil ‘alamiin dengan moderator Hastuti Praptiningsih, S.Pd., M.Pd.

Kepala madrasah Mardi santosa berharap, dengan terlaksananya kegiatan bimtek ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih detail terkait Pembelajaran dan Asesmen  Kurikulum Merdeka, sehingga dapat diaplikasikan pada pembelajaran yang sedang terlaksana maupun di pelaksanaan pembelajaran semester depan. (diw)

Artikel yang Direkomendasikan