Permudah Layanan Pustaka MAN 2 Yogyakarta Manfaatkan EDOO

Yogyakarta (MAN2Yk)-Beragam kegiatan literasi tidak hanya sebatas membaca buku. Untuk meningkatkan minat baca warga MAN 2 Yogyakarta, perpustakaan Mandaya memberikan fasilitas berupa layanan peminjaman buku digital dengan memanfaatkan EDOO.

EDOO merupakan platform perpustakaan digital untuk mendukung kegiatan belajar mengajar secara online dan offline, dilengkapi dengan eClass, modul ujian, tryout, analytic dan fitur media sosial berinteraksi antar pengguna. EDOO menggunakan teknologi Digital Rights Management (DRM) untuk mengelola dan melindungi konten digital serta reader untuk membaca melalui smarthphone, tablet, laptop dan dekstop berbasis OS Android dan Web Based (edoo.id).

Disosialisasikan secara serentak untuk seluruh warga madrasah, kepala perpustakaan Mandaya Sri Narwanti, S.Pd menjelaskan bahwa layanan ini dalam rangka memberikan kemudahan kepada pemustaka agar dapat memfasilitasi peserta didik maupun guru yang memiliki minat baca tinggi tanpa terkendala harus datang dan meminjam buku langsung di perpustakaan. “Seperti yang kita ketahui, sebentar lagi akan ada libur Idul Fitri, masuk sekolah kembali dan akan ada libur akhir tahun ajaran. Kami memberikan layanan fasilitas berupa pemanfaatan EDOO, agar siswa maupun guru yang sudah terbiasa membaca tidak lantas berhenti karena terkendala libur dan tidak dapat meminjam buku di perpustakaan. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di EDOO, maka peminjaman buku untuk menunjang kegiatan belajar mengajar atau memenuhi kebutuhan membaca sebagai hobi dapat terpenuhi,” jelas Sri narwanti.

Salah satu siswa kelas XI IBB  Salsabila Anggit yang juga mengikuti praktik memanfaatkan EDOO menyampaikan kesannya.” Seru banget, saya meminjam buku tentang make-up karena di masa depan saya ingin menekuni bidang ini. Dan jadi tambah informasi, ternyata adanya EDOO kita bisa praktis bisa memilih buku apa saja yang kita inginkan, intinya keren!,” ujar Anggit.(diw)

diah wijiastuti

Tinggalkan Balasan

Related Posts

Follow by Email
YouTube
Instagram
WhatsApp