Kamad MAN 2 Yogyakarta Implementasikan MRA

Kamad Singgih bermain bola bersama anak-anak yang tinggal di sekitar MAN 2 Yogyakarta.

Yogyakarta (MAN2YK) – Waktu sudah menunjukkan jam pulang kantor ketika segerombolan bocah dengan menenteng bola memasuki gerbang MAN 2 Yogyakarta. Bertepatan dengan kepala madrasah Singgih Sampurno, S.Pd., M.A. beranjak hendak pulang usai seharian menjalankan aktifitasnya di madrasah.

Sontak bocah-bocah menghampiri pak Singgih (panggilan akrab Kamad Singgih) dan meminta ijin untuk bermain bola di lapangan halaman depan MAN 2 Yogyakarta. “Silakan, tapi saya boleh ikut main gak nih?,” jawab pak Singgih yang langsung dijawab serentak dengan kata boleh.

Urung pulang Kamad Singgihpun terlihat asyik bermain bersama anak-anak usia SD yang memang tinggal di lingkungan sekitar madrasah. Keakraban kamad dan anak-anak ini menunjukkan bahwa MAN 2 Yogyakarta tidak hanya sebagai instansi pendidikan yang memberikan ruang belajar yang ramah anak khususnya peserta didik, namun juga bagi anak di lingkungan sekitar madrasah. Keakraban dan dinamisasi yang terjalin diharapkan dapat menguntungkan bagi semua pihak.

“Kita ini hidup berdampingan dengan masyarakat, maka kita juga harus jalin keharmonisan dengan semuanya. Saya rasa sebagai Madrasah Ramah Anak, MAN 2 Yogyakarta mampu menjawab dan hadir sebagai instansi pendidikan yang tidak hanya menyelenggarakan pendidikan akademik namun juga sebagai pelopor tumbuh kembang anak dan pemenuhan hak anak,” tegas Kamad Singgih.(diw)