KOTA
YOGYAKARTA — Menjelang berakhirnya Tahun Ajaran 2024/2025, Pramuka MAN 2
Yogyakarta mengadakan kegiatan Penilaian Ekstrakurikuler sebagai bagian dari
evaluasi tahunan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 16 Mei 2025, dan
diikuti oleh seluruh siswa kelas X di kelas masing-masing.
Penilaian
dilakukan dalam bentuk presentasi kelompok, dengan tema yang berbeda-beda untuk
setiap kelompok. Tema tersebut telah ditentukan sebelumnya oleh Kakak Pembina
dan Dewan Ambalan Pramuka MAN 2 Yogyakarta. Setiap presentasi berlangsung
dengan pendampingan langsung dari para pembina serta Dewan Ambalan.
Tak
hanya mengerjakan soal ujian, penilaian dalam ekstrakurikuler Pramuka ini juga
mencakup keaktifan, keterampilan, serta kemampuan praktik di lapangan. Seluruh
aspek ini dinilai sebagai bentuk implementasi materi yang telah diajarkan
selama kegiatan rutin Pramuka setiap hari Jumat.
Salah
satu bentuk praktik yang menjadi bagian dari penilaian adalah kegiatan Kemah
Prestasi yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini menjadi momen
penting untuk mengukur sejauh mana penguasaan materi oleh siswa dan kemampuan
mereka menerapkannya dalam situasi nyata.
Kepala
MAN 2 Yogyakarta, Singgih Sampurno, S.Pd., MA., memberikan apresiasi tinggi
terhadap kegiatan tersebut. “Saya bangga dengan semangat siswa dan dedikasi
pembina dalam kegiatan Pramuka ini. Penilaian yang tidak hanya berfokus pada
teori, tetapi juga pada praktik dan nilai-nilai kepramukaan, sangat selaras
dengan visi madrasah untuk mencetak generasi yang berkarakter dan mandiri,”
ujarnya.
Senada
dengan itu, salah satu Pembina Pramuka, Kak Muhammad Hardiyanto, S.Kom.,
menyampaikan harapannya. “Kami berharap melalui kegiatan seperti ini, siswa
tidak hanya memahami materi Pramuka secara kognitif, tetapi juga mampu
menginternalisasi nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari — seperti
kedisiplinan, tanggung jawab, dan kerja sama,” ungkapnya.
Dengan
adanya kegiatan ini, MAN 2 Yogyakarta berharap mampu menumbuhkan karakter
tangguh, disiplin, dan kreatif di kalangan siswa melalui pembinaan kepramukaan
yang menyeluruh dan berkesinambungan. (mohar_pusp)
Berikan Komentar