Kenalkan Pencegahan Korupsi di MATSAMA MAN 2 Yogyakarta

Yogyakarta (MAN2YK) –Pencegahan korupsi merupakan salah satu materi yang disampaikan pada Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MAN 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Menghadirkan narasumber Nurokhmah, S.Pd  (Penyuluh Anti Korupsi jenjang Pertama), peserta MATSAMA dijelaskan terkait pengertian korupsi dan cara pencegahannya, Rabu (10 Juli 2024).

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

Dampak korupsi sangat meluas dan tidak hanya berakibat pada satu sektor saja. Praktik korupsi akan memperburuk kondisi suatu bangsa. Untuk itulah Nurokhmah mengajak peserta MATSAMA untuk mencegah sedini mungkin korupsi, dimulai dari diri sendiri.

“Dengan menegakkan 9 Nilai Antikorupsi yaitu Jujur, Peduli, Mandiri, Disiplin, Tanggungjawab, Adil, Berani, Sederhana, dan kerja keras kita dapat menghindari praktik korupsi. Kalau bukan kita yang menghancurkan korupsi, korupsi yang akan menghancurkan kita," pesan Nurokhmah,(diw)