Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) — Dalam rangka memperingati Hari Kartini, MAN 2 Yogyakarta menggelar upacara bendera pada Senin (21/4/2025) di halaman depan Gedung Terpadu. Bertindak sebagai pembina upacara, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kehumasan, Rita Setyowati, S.Pd., M.Pd., yang menyampaikan amanat dengan mengulas keteladanan dan perjuangan Raden Ajeng Kartini. Pada perhelatan ini, seluruh petugas upacara dilaksanakan para siswi.
Dalam
amanatnya, Rita Setyowati mengajak seluruh peserta upacara untuk mengenang
kembali sosok RA Kartini sebagai pelopor emansipasi perempuan Indonesia. Ia
menekankan bahwa perjuangan Kartini dalam memperjuangkan hak pendidikan dan
kesetaraan bagi perempuan telah menjadi fondasi penting dalam kehidupan
berbangsa saat ini.
"RA
Kartini bukan hanya tokoh wanita, tetapi juga simbol perjuangan, keberanian,
dan pemikiran maju di masanya. Dari keterbatasan yang ia hadapi, lahirlah ide
besar tentang pentingnya pendidikan bagi kaum perempuan," ujar Rita.
Beliau
juga menjelaskan bagaimana perjalanan hidup Kartini yang penuh tantangan
menjadi inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk berani tampil, berdaya,
dan berkarya di berbagai bidang kehidupan. Semangat Kartini kini telah
membuahkan hasil dengan semakin banyaknya perempuan yang menikmati hak-hak yang
dijamin negara—baik dalam pendidikan, pekerjaan, maupun peran sosial dan
politik.
"Kita
patut bersyukur, karena buah dari perjuangan RA Kartini kini kita nikmati
bersama. Perempuan Indonesia semakin maju, namun semangat perjuangan itu jangan
pernah padam. Mari terus rawat semangat Kartini dengan menjadi pribadi yang
mandiri, cerdas, dan bermartabat," tambahnya.
Upacara
berlangsung dengan khidmat dan diikuti oleh seluruh guru serta siswa-siswi MAN
2 Yogyakarta. Suasana peringatan semakin terasa dengan busana adat yang
dikenakan sebagian peserta sebagai bentuk penghormatan terhadap warisan budaya
dan perjuangan Kartini.
Selamat
Hari Kartini 2025. Mari lanjutkan perjuangan Kartini dengan karya nyata, demi
kemajuan perempuan dan kemajuan bangsa.