Standar Pelayanan Perijinan Siswa (Sakit/pulang cepat)
No |
Komponen |
Uraian |
A.
Komponen
Service Delivery/Penyampaian Pelayanan |
||
1 |
Persyaratan |
1.
Surat permohonan siswa sakit/pulang cepat kepada guru yang sedang
mengampu KBM tersebut 2.
Surat permohonan siswa sakit/pulang cepat kepada guru/petugas
piket/petugas UKS
|
2 |
Sistem,
Mekanisme, Prosedur |
1.
Guru/Petugas piket menerima berkas pengajuan dari pemohon yang sudah
lengkap 2.
Guru/Petugas piket membuat surat perijinan siswa sakit/pulang cepat
ditanda tangani oleh guru piket dan kepala madrasah 3.
Pemohon menerima surat perijinan siswa sakit/pulang cepat
|
3 |
Jangka
Waktu Pelayanan |
15
menit |
4 |
Biaya/Tarif |
Gratis |
5 |
Produk Pelayanan |
Surat
Ijin
|
6 |
Penanganan Pengaduan, saran dan masukan |
Pengaduan, saran, dan masukan langsung melalui alamat:
Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta JL.
KHA. Dahlan No. 130 Ngampilan Yogyakarta. Telp.
(0274) 523347 Hotline/PTSP : 082328433743 Email : man2jogja@gmail.com Website : https://man2yogyakarta.sch.id |
B.
Komponen
Manufacturing/Pengelolaan Pelayanan |
||
7 |
Dasar
Hukum |
1.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; 2.
Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan
Penyelenggaraan Pendidikan; 3.
Peraturan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik
Indonesia Nomor 4.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan di
Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; 5.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi
Nomor 25 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Berita Negara Republik
Indonesia Tahun 2019 Nomor 1593); 6.
Keputusan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan
Kementerian Agama. |
8 |
Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas |
|
9 |
Kompetensi
Pelaksana |
Memahami Persuratan dan kearsipan
|
10 |
Pengawasan
internal |
Pengawasan
dilakukan secara berjenjang |
11 |
Jumlah
Pelaksana |
2 (dua) Orang
|
12 |
Jaminan
Pelayanan |
Bahwa kepastian pelayanan dilakukan
sesuai dengan standar pelayanan dan regulasi yang berlaku serta didukung oleh petugas yang kompeten/ profesional di bidang tugasnya dengan
perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat, ramah, jelas dan santun. |
13 |
Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan |
1.
Keselamatan dan kenyamanan dalam
pelayanan sangat diutamakan dan
bebas dari praktek percaloan; 2.
Produk layanan dijamin keaslian dan keabsahannya dan
dapat dipertanggungjawabkan; 3.
Petugas yang memberikan layanan telah mendapatkan
penugasan dari atasan langsung; 4.
Pelaksanaan pelayanan dilakukan sesuai
dengan peraturan perundang-undangan
yang berlaku; 5.
Informasi terkait data identitas pelanggan dijaga
kerahasiaannya. |
14 |
Evaluasi
kinerja Pelaksana |
1.
Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14
komponen standard pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 (satu)
tahundalam bentuk rapat dan FGD. 2. Pelaksanaan survei kepuasan untuk perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan. |