Standar Pelayanan Surat Rekomendasi Studi Lanjut
| No | Komponen | Uraian | 
| A.  
  Komponen
  Service Delivery/Penyampaian Pelayanan | ||
| 1 | Persyaratan | 1.  
  Identitas diri asli (KTP/KK)/Kartu siswa/ijazah 2.  
  Informasi seleksi yang diikuti/format template tujuan rekomendasi studi | 
| 2 | Sistem,
  Mekanisme, Prosedur | 1.  
  Pengguna layanan datang langsung atau menghubungi kontak PTSP dengan
  membawa Identitas diri asli /Kartu siswa/ijazah  2.  
  Pengguna layanan menunggu dibuatkan surat rekomendasi; 3.  
  Petugas layanan membuat surat dengan keterangan yang divalidasikan kesesuaian
  datanta pada Guru BK dan atau Waka Kesiswaan dan atau Waka Kurikulum. 4.  
  Pemberi layanan memberikan dokumen berupa surat keterangan kepada
  pengguna layanan baik secara langsung/via WA/email sesuai kesepakatan | 
| 3 | Jangka
  Waktu Pelayanan |  1 (satu)) hari 
 | 
| 4 | Biaya/Tarif | Gratis | 
| 5 | Produk Pelayanan | Surat
  Rekomendasi Studi Lanjut 
 | 
| 6 | Penanganan Pengaduan, saran dan masukan | Pengaduan, saran, dan masukan langsung melalui alamat:
  Madrasah Aliyah Negeri 2 Yogyakarta JL.
  KHA. Dahlan No. 130 Ngampilan Yogyakarta. Telp.
  (0274) 523347 Hotline/PTSP  : 082328433743 Email              : man2jogja@gmail.com    Website           : https://man2yogyakarta.sch.id | 
| B. 
  Komponen
  Manufacturing/Pengelolaan Pelayanan | ||
| 7 | Dasar
  Hukum | 1.  
  Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik; 2.  
  Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan
  Penyelenggaraan Pendidikan; 3.  
  Peraturan
  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik
  Indonesia Nomor 4.  
  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
  Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan di
  Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi; 5.  
  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi
  Nomor 25 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian
  Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Berita Negara Republik
  Indonesia Tahun 2019 Nomor 1593); 6.  
  Keputusan Menteri Agama Nomor 109 Tahun 2017 Tentang Standar Pelayanan
  Kementerian Agama; 7.  
  Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111
  Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan
  Pendidikan Menengah. | 
| 8 | Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas | 1.  
  Meja; 2.  
  Kursi; 3.  
  Komputer; 4.  
  Kertas; 5.  
  Bolpoin; 6.  
  Jaringan
  Internet 7.  
  Stempel. 
 | 
| 9 | Kompetensi
  Pelaksana | 1.  
  Menguasai Tata
  persuratan  2.  
  Mampu
  berkomunikasi dengan baik. 
 | 
| 10 | Pengawasan
  internal | Pengawasan
  dilakukan secara berjenjang | 
| 11 | Jumlah
  Pelaksana |  2 (dua) orang 
 | 
| 12 | Jaminan
  Pelayanan | Bahwa kepastian pelayanan dilakukan
  sesuai dengan standar pelayanan dan regulasi yang berlaku serta didukung oleh
  petugas  yang kompeten/ profesional di
  bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat, ramah,
  jelas dan santun. | 
| 13 | Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan | 1.   
  Keselamatan   dan   kenyamanan        dalam
  pelayanan      sangat diutamakan dan
  bebas dari praktek percaloan; 2.   
  Produk layanan dijamin keaslian dan keabsahannya dan dapat
  dipertanggungjawabkan; 3.   
  Petugas yang memberikan layanan telah mendapatkan penugasan dari atasan
  langsung; 4.   
  Pelaksanaan   pelayanan   dilakukan   sesuai
  dengan  peraturan perundang-undangan
  yang berlaku; 5.   
  Informasi terkait data identitas pelanggan dijaga kerahasiaannya. | 
| 14 | Evaluasi
  kinerja Pelaksana | 1.  
  Evaluasi kinerja pelayanan dilakukan melalui pengukuran penerapan 14
  komponen standard pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya setiap 1 (satu)
  tahundalam bentuk rapat dan FGD. 2. Pelaksanaan survei kepuasan untuk perbaikan dan peningkatan kinerja pelayanan. | 
 
                             
                                                             
    